Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semakin Maraknya SMS Penipuan di Indonesia


 Akhir-akhir ini, terus tidak sedikit pemakai tellows yg mengabarkan bahwa mereka mendapatkan beberapa SMS penipuan. Tentunya, penipuan lewat SMS bukan faktor baru bagi kita semua. Mulai dari modus minta pulsa hingga undian berhadiah, tidak sedikit penipu yg mengirim pesan yg kadang terkesan meyakinkan bagi kita. Di postingan kali ini, kamu akan menonton beberapa macam serta tipe SMS penipuan yg tidak jarang dilaporkan sahabat-sahabat tellows lainnya. Kalau kamu takut menjadi korban penipuan selanjutnya, jangan khawatir! Di sini kamu juga dapat menyimak beberapa trik berguna supaya tercegah dari penipuan lewat sms.

Modus Penipuan SMS

1. Modus Sedot Pulsa

Beberapa tahun yg lalu, penipuan yg dikenal sebagai “Mama Minta Pulsa” sempat marak di Indonesia. Namun, modus ini telah jarang dipakai oleh penipu sebab penerima SMS tentu eksklusif tahu jika SMS tersebut hanyalah penipuan belaka. Akhir-akhir ini, para penipu memakai trik yg tidak sama semacam modus sedot pulsa. Biasanya, penipu mengirim SMS yg meminta penerimanya untuk memasukkan alias mengirim kode tertentu. Jika penerima SMS mengirim kode yg diminta, ia akan mendapatkan pesan bahwa pulsanya telah ditarik otomatis dengan jumlah tertentu dengan cara terpola (misalkan Rp. 1000 per harinya). Berikut merupakan contoh laporan SMS dengan modus ini dari salah satu teman tellows:

0062852216047413 dilaporkan sebagai tidak dikenal 

Penipuan sms mengenai +1000 koin pulsa serta paket Chat dgn mengarahkan menghubungi *500*42# lalu pilih 1. Dgn menambahi kata kata ” kok belum di ambil”

2. Transfer Uang ke Rekening

Banyak juga penipu yg mengirim pesan pendek dengan info rekening serta meminta penerima SMS untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tersebut. Meskipun tidak sedikit orang-orang hanya menghiraukan SMS tersebut, ada juga beberapa orang-orang yg menjadi korban modus ini. Ini terjadi sebab si penerima kebetulan sedang menantikan SMS dengan info rekening dari orang-orang lain. 

3. SMS dengan Tautan Website

Terkadang, kamu mendapatkan SMS dari no tidak dikenal dengan pesan jika kamu baru saja menang undian berhadiah. Di SMS itu biasanya ada tautan alias link situs yg wajib kamu klik untuk memperoleh “hadiah” yg dijanjikan. Kebanyakan, situs tersebut hanyalah situs palsu dengan satu halaman. Di halaman tersebut, kamu akan disuruh memasukkan info pribadimu semacam nama, alamat, serta bahkan no rekening bank. Dari info yg kamu berbagi tersebut itulah penipu dapat mencuri uangmu. Salah satu laporan SMS penipuan dengan tautan situs dari teman tellows:

006281390177167 dilaporkan sebagai PENIPUAN

Sms penipuan. Hati2 klo terima sms ini : [Uangme]Selamat, Kalian memperoleh maksimal pìnjaman Rp3.000.000, segera download APP http://uangme.org/H3f untuk klaim, 1 detik masuk rekening!

4. SMS Berkedok Operator Seluler

Modus yg satu ini termasuk modus penipuan yg termasuk berbahaya. Pasalnya, penipu mengaku bahwa ia bersumber dari provider alias operator hapemu semacam Telkomsel alias Indosat. Pesannya dapat berupa undiah berhadiah alias info palsu lainnya. Perbedaannya dari SMS dari operator orisinil merupakan no si pengirim. Biasanya, operator tidak akan memakai no umum untuk mengirim pesan.

Tips serta Trik Mencegah Penipuan SMS

Kalau kamu mendapat pesan yg mencurigakan, ada baiknya kamu menghiraukan pesan tersebut! Jangan sempat membalas SMS dari no yg tidak kamu kenal dengan pesan yg tidak meyakinkan. Beberapa orang-orang juga mengabarkan jika pulsa mereka tersedot seusai membalas SMS dari no penipu. Selain itu, jangan sempat membuka tautan alias link yg ada di SMS! Besar juga kemungkinan bahwa situs tersebut mengandung virus yg berbahaya untuk hapemu. Kalau kamu mendapat pesan yg mengaku operator selulermu, jangan eksklusif percaya! Lebih baik kamu hubungi costumer service operatormu eksklusif serta menanyakan apa pesan yg kamu terima benar alias tidak. Nah, jika kamu terlalu tidak jarang mendapat SMS dari no tidak dikenal yg menurutmu merupakan modus penipuan, kamu dapat mengabarkan no tersebut ke providermu dengan tutorial berikut ini:

1. TELKOMSEL

Format SMS: Penipuan#nomor penipu#isi SMS penipuan. Kirim ke 1166.

2. XL

Format SMS: Lapor#Nomor yg dipakai penipu#penjelasan permasalahan tsb. Kirim ke 5883.

3. INDOSAT

Format SMS: SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan. Kirim ke 726.

Tentunya, kamu juga dianjurkan mencari info terlebih dahulu mengenai no yg tidak kamu kenal. Jangan mudah percaya meskipun si pengirim mengaku bersumber dari instansi alias perusahaan terkenal.