Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebaiknya sewa server bulanan atau tahunan?

 


Yang ingin menyewa VPS biasanya akan mendapati berbagai alternatif dalam jangka waktu penggunaan serta absolut saja tagihannya. Tentu saja ada alternatif 3 bulan serta 6 bulan biasanya, kadang malah ada 2 tahun hingga 3 tahun. Biasanya yg sehingga pertimbangan mutlak merupakan harganya jika spesifikasi servernya telah cocok. Tidak salah kok, hingga kini saya begitu.

Bisa dikatakan hari ini merupakan kolom opini serta berdasarkan pengalaman tak lebih mengenakkan saya awal tahun ini yg terpaksa berpindah provider VPS hingga 2 kali dalam 1 minggu. Dulu yg saya incar absolut tahunan sebab tidak hanya lebih terjangkau jika belinya jangka panjang, lumayan tak jarang didiskon gratis sewa 1 alias 2 bulan. Hemat kan? Juga bayar billingnya ya lumayan setahun sekali, tak usah repot setiap bulan serta jika lupa kan sehingga masalah.

Pemikiran diatas tidaklah salah, asalkan nilai VPSnya setara semua serta terbukti dapat diandalkan. Kenyataannya kestabilan VPS saya semacam main yoyo, sehari dapat naik turun tak terang apa penyebabnya. Ini menyebabkan situs yg dihosting didalamnya tak jarang error Connection Timed Out alias Internal Server Error. Untung tetap dapat minta refund mesikipun susah serta akhirnya segera minggat ke provider VPS lainnya.

Terus terang gara – gara salah langkah saya ini membikin saya mempertimbangkan taktik sewa VPS selagi ini. Sebelumnya saya cuma memperhatikan reputasi provider, spesifikasi VPS serta anggaran per tahunnya. Tapi jika tak mengalami sendiri benar saja tak tahu kemampuan aslinya apakah sesuai omongan orang-orang lain. Apalagi supportnya sendiri dapat seharian baru dibalas, apalagi pas minta refund hampir seminggu baru ada kabarnya. Sangat payah sekali.

Akhirnya yg paling aman menurut saya merupakan mencoba dulu sewa 1 bulan serta jika kemampuan juga stabilitas VPSnya baik selagi masa percobaan ini jadi baru kita dapat berkomitmen jangka panjang. Kalau tak semacam ini dapat dikatakan kita berjudi. Sayang waktu, tenaga serta uangnya jika hingga salah pilih.

Bagaimana opini alias pengalaman anda? Pilih mana yg terbaik?