Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika Semester 1 sampai 8


 Pinters ingin mendalami komputer lebih lanjut di perguruan tinggi? Teknik Informatika merupakan jurusan yg dapat kamu pilih. Nah, di postingan berikut ini akan dihimpun beberapa mata kuliah Teknik Informatika yg dapat memberi angan-angan buatmu kelak.

Setiap kampus yg mempunyai jurusan ini tak dan merta seluruh kurikulumnya sama. Beberapa mata kuliah sempurna ada yg sama, ada pula yg berbeda. Beberapa mata kuliah mungkin juga mempunyai penamaan yg berbeda, dengan inti pembelajarannya sama.

Mata kuliah Teknik Informatika ITB dan mata kuliah Teknik Informatika Binus, maupun kampus lain sempurna mempunyai beberapa perbedaan. Hal tersebut dipengaruhi oleh konsentrasi pendidikan dari masing-masing kampus.

Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer & Sistem Informasi

Di perguruan tinggi, jurusan terkenal yg berkaitan dengan komputer merupakan Teknik Informatika, Teknik Komputer & Sistem Informasi. Namanya mirip-mirip, nyerempet dunia komputer juga, lalu bedanya dimana?

Nah, agar Pinters tak salah pilih jurusan, mari kita bongkar perbedaan ketiga jurusan ini.

Pada jurusan Teknik Komputer, kamu akan belajar tutorial membikin microcontroller, chip alias processor dan bagaimana pengaplikasiannya di sebuah perangkat. 

Bisa dibilang jurusan ini sedikit seperti dengan Teknik Elektro. Namun, perbedaan yg lumayan mencolok merupakan penggunaan programming dengan “bahasa mesin” pada jurusan ini.

Pada jurusan Sistem Informasi, kamu akan belajar mengenai bagaimana merancang, membikin dan mengaplikasikan sebuah sistem komputer untuk memenuhi kebutuhan manajemen alias bisnis. 

Mata kuliah Sistem Informasi mengkombinasikan pembelajaran mengenai programming, dunia bisnis, dan juga manajemen.

Teknik Informatika merupakan jurusan yg fokus pembelajarannya seputar programming (penguasaan bahasa pemrograman), pengembangan software, dan teknologi jaringan komputer.

Mata Kuliah yg Ada di Teknik Informatika

Biar gak terus penasaran, baca yok apa saja mata kuliah yg bakal kamu pelajari di jurusan Teknik Informatika. 

1. Mata Kuliah Dasar yg Bersifat Umum

Sebelum mengulas lebih detail mengenai mata kuliah yg bekerjasama pribadi dengan TI, Pinters juga wajib tau bahwa di perguruan tinggi juga ada mata kuliah dasar yg bersifat umum. 

Biasanya, jajaran mata kuliah ini kualitas sks nya tak terlalu besar, tetapi diwajibkan untuk diajarkan pada mahasiswa.

Berikut jajaran mata kuliahnya:

        - Bahasa Indonesia

        - Bahasa Inggris

        - Kewarganegaraan

        - Ilmu Sosial Budaya Dasar

        - Pendidikan Agama

        - Etika Profesi

        - Kewirausahaan & Manajemen

        - Metode Penelitian

2. Mata Kuliah yg Berhubungan dengan Matematika & Science

Jika kamu memilih jurusan ini untuk terhindari dari hitung-hitungan, kamu salah besar. Jurusan ini masuk dalam rumpun “Sains dan Teknologi”, namanya juga memakai embel-embel teknik. Maka dari itu, matematika dan fisika tak dapat dilepaskan dari jurusan ini. Kamu juga wajib belajar mengenai matematika dan fisika.

Beberapa mata kuliah yg tergolong dalam kelompok ini diantaranya adalah: 

        - Matematika Diskrit

        - Logika Matematika/Logika Informatika

        - Metode Numerik

        - Aljabar Linier & Matrix

        - Kalkulus I & II

        - Statistik

3. Mata Kuliah Dasar Teknik Informatika

Sekarang kita masuk ke jajaran mata kuliah yg telah berkaitan pribadi dengan Teknik Informatika. Dalam belajar sesuatu, kita wajib paham dasarnya dulu dong. 

Bakalan susah apabila dihadapkan pada sebuah materi bersifat teknis yg dasarnya belum dipahami. Nah, jajaran mata kuliah berikut ini ibarat pengangkut sebelum kamu mendalami lebih dalam mengenai aplikasi engineering yg menjadi fokus pembelajaran di jurusan ini. 

Adapun daftarnya merupakan sebagai berikut:

        - Pengantar Teknologi Informasi

        - Struktur Data 

        - Algoritma dan Pemrograman

        - Organisasi Komputer

        - Jaringan Komputer

        - Multimedia

4. Mata Kuliah Konsentrasi Utama Teknik Informatika

Ini merupakan jajaran mata kuliah mutlak dari jurusan ini. Mata kuliah konsentrasi mutlak biasanya tak sedikit praktikumnya. Pada mata kuliah ini, kamu bakal belajar mengaplikasikan bahasa pemrograman untuk membikin sebuah acara dan materi-materi pendukung lainnya.

Adapun mata kuliahnya merupakan sebagai berikut:

        - Sistem Operasi.

        - Analisis dan Desain Berorientasi Object

        - Computer Graphic

        - Arsitektur Komputer

        - Jaringan Komputer

        - Sistem Berkas

        - Basis Data

        - Pemrograman Bahasa X (X mengacu pada nama bahasa pemrograman)

        - Pemrograman Jaringan

        - Pemrograman Web

        - User Interface Design (Interaksi Manusia dan Komputer)

        - Rekayasa Perangkat Lunak

5. Mata Kuliah Pilihan alias Lanjutan

Di perguruan tinggi, untuk menunjang pembelajaran di sebuah jurusan, biasanya ada mata kuliah pilihan. Mata kuliah opsi tetap mempunyai kaitan dengan apa yg dipelajari di sebuah jurusan, tetapi materi pembelajarannya lebih spesifik dan kompleks.

Mata kuliah opsi biasanya dimasukan ke semester-semester akhir (semester 7 alias 8). Beberapa mata kuliah opsi yg biasanya ada di semester akhir, yaitu:

        - Data Mining

        - Cloud Computing

        - Cloud Programing

        - Teori Bahasa dan Otomata

        - Mobile Programing

        - Sistem Terdistribusi

        - Keamanan Jaringan

        - Artificial Intelligence

        - Sistem Pakar/Expert System

        - Machine Learning

        - Mekantronika /Robotika

        - Biometric

        - Semantic Web

        - Kriptografi

        - Computer Vision

        - Business Intelligence dan Big Data

        - Dll (sesuai kebijakan kampus)

Prospek Kerja untuk Jurusan Teknik Informatika

Pinters butuh kesungguhan hati untuk belajar ketika masuk jurusan ini. Banyak orang-orang yg masuk jurusan ini sebab salah persepsi. Pembelajaran soal komputer yg dibayangkan, tak sesimpel kenyataan.

Jika kamu dapat bersungguh-sungguh belajar dan sanggup menguasai materi-materi yg diajarkan, prospek pekerjaan untuk jurusan ini lumayan terbuka luas dengan gaji yg lumayan fantastis. 

Terlebih lagi, kini masuk revolusi industri 4.0, SDM yg pakar di bidang teknologi info akan sangat dibutuhkan.

Berikut beberapa prospek kerja Teknik Informatika. Sebagai catatan, prospek kerja ini hanya berlaku buat kamu yg sangatlah mempunyai keahlian, bukan cuma lulus tapi tak tahu apa-apa. 

1. Programmer

Tugasnya merupakan membangun sebuah acara dalam beberapa platform mulai dari platform mobile, desktop, maupun web. Supaya dapat berprofesi sebagai programmer, skill coding alias memakai bahasa pemrograman untuk membikin acara wajib mumpuni.  

2. System Analyst

Pekerjaan seorang System Analyst merupakan menganalisa dan mendesain sebuah sistem untuk kebutuhan sebuah perusahaan alias organisasi. Sistem yg dimaksud sempurna saja bekerjasama dengan jaringan komputer, hardware yg digunakan, database, system definition, dan aplikasi yg dibutuhkan.

3. Software Developer

Pekerjaan ini sebetulnya lumayan dekat dengan programmer, tetapi tugasnya lebih luas. Seorang Software Developer tak hanya sekedar membikin acara dengan coding, tetapi juga bertugas menganalisa kebutuhan client, mendesain aplikasi yg dapat memberi solusi bagi kebutuhan client.

Seorang Software Developer juga wajib dapat menganalisa kasus dari sebuah aplikasi yg sudah, dan melakukan modifikasi untuk mengoptimalkan manfaat softwarenya. 

4. Web Designer & Web Programmer

Tugas seorang Web Designer merupakan membikin user experience yg baik pada sebuah platform web. Pekerjaan ini menuntut skill tampilan dan pemrograman. 

Seorang Web Developer tugasnya tak lebih lebih serupa dengan seorang programmer, hanya saja acara yg dikembangkan berupa web. 

5. Data Engineer

Seorang Data Engineer mempunyai tugas untuk membangun sebuah arsitektur manajemen data. Manajemen datanya mulai dari database berskala kecil, data warehouse, sampai sistem data yg dapat memproses dalam skala yg besar. 

6. Network Support Engineer

Tugas seseorang yg berprofesi sebagai Network Support Engineer berkaitan dengan pemeliharaan sebuah jaringan komputer di perusahaan. 

Selain melakukan pemeliharaan rutin, seorang Network Support Engineer juga wajib dapat menguji bagaimana keadaan sebuah jaringan, apakah bekerja dengan normal alias tak dan menanggulangi persoalan yg terjadi pada sebuah jaringan.

Apakah Pinters telah mempunyai angan-angan terang seputar jurusan ini? Jadi telah paham ya, jangan salah persepsi lagi.

Kesimpulan

Jika kamu mempunyai ketertarikan serius di dunia programming, jurusan ini merupakan wadah yg tepat. Kamu dapat membuatkan skill programming dan mendalami hal-hal penunjang lainnya.