Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Capital Gain?


 Capital gain ialah salah satu yg sangat disukai oleh investor dalam berinvestasi. Pasalnya, capital gain menjadi lumbung keuntungan bagi investor. Capital gain alias keuntungan modal ialah keuntungan yg diperoleh ketika penjualan aset modal (investasi) memiliki harga jual yg lebih tinggi daripada harga beli.

Sederhanya, capital gain ialah keuntungan sebesar-besarnya yg Kalian dapatkan ketika Kalian menjual aset investasi tertentu, semacam properti, reksa dana, surat utang, serta saham.

Namun, yg butuh Kalian tahu, capital gain baru sangatlah Kalian dapatkan apabila Kalian telah menjual aset tersebut. Artinya, selagi Kalian menguasai aset tertentu, meskipun di ketika itu harga jual lebih tinggi dari modal investasi awal, faktor itu belum bisa dikatakan sebagai capital gain.

Capital Gain Jangka Pendek vs Jangka Panjang

Berbicara mengenai capital gain, ada dua sifat yg menyertai capital gain, yatu keuntungan modal jangka singkat serta keuntungan modal jangka panjang. Keduanya berpotensi untuk dikenakan pajak atas keuntungan yg didapatkan.

Capital gain jangka singkat terjadi untuk instrumen investasi yg jangka waktunya tidak lebih dari setahun. Pengenaan pajak untuk capital gain jangka singkat akan diadaptasi dengan besaran pajak penghasilan biasa yg Kalian miliki.

Sementara itu, untuk capital gain jangka panjang berlaku untuk investasi lebih dari setahun. Pengenaan pajak untuk capital gain jangka panjang lebih rendah daripada pajak pendapatan biasa Anda, yaitu mulai dari 15% sampai 20%.

Capital Gain vs Capital Loss

Untung serta menyesal ialah dua faktor yg wajar terjadi dalam kegiatan urusan ekonomi serta investasi. Jika Kalian andal dalam menjalankan urusan ekonomi serta investasi, kesempatan untuk mencapai capital gain akan terus terbuka lebar.

Namun, apabila hidup tidak lebih baik sedang menyertai Anda, akan sangat mungkin Kalian mengalami apa yg disebut capital loss. Istilah capital loss merujuk pada kondisi di mana Kalian kehilangan sejumlah uang dalam aktivitas investasi.

Kondisi capital loss akan membikin besaran pajak yg Kalian tanggung menjadi berkurang. Dan, apabila angka capital loss Kalian lebih tinggi daripada capital gain, Kalian bisa mengurangi kerugian tersebut dari penghasilan yg Kalian miliki.