Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Tombol Switch Kamera Depan Hilang

 


Kamera depan saat ini merupakan fitur harus yg harus ada di setiap smartphone. Jika kita membeli suatu handphone pintar tetapi tak ada kamera depannya rasanya sia-sia saja. Maka dari itu setiap handphone pintar saat ini tentu ada kamera depannya.

Walaupun di beberapa Android yg harganya terjangkau belum ada sensor sidik jari atau Fingerprint , ini tetap dapat di toleransi. Namun apabila suatu handphone pintar berapapun harganya, tentu dengan harga yg terjangkau sekalipun kita seharusnya tetap akan memperoleh kamera depan.

Kamera depan tidak hanya bermanfaat untuk selfie atau berswafoto juga bermanfaat untuk melakukan video call. Oleh alasannya itu, setiap handphone pintar terutama Android yg terjangkau tentu telah mempunyai kamera depan, mesikipun kualitasnya sangat biasa saja.

Kamera depan pada Android terkadang hilang pada menu kamera, sehingga kita tak dapat mengganti kamera dari kamera belakang ke kamera depan. Singkatnya tombol untuk mengganti kamera tak ada atau hilang.

Pengaturan kamera depan yg hilang terbukti tak jarang terjadi dan membikin bimbang para pengguna. Selain hilang, terkadang kamera depan juga tak bertujuan semacam hanya blank hitam atau dapat di switch tetapi akan kembali ke kamera belakang lagi.

Apa penyebabnya? saya sendiri tak tau apa penyebabnya. Namun untuk solusi atau beberapa trik agar kamera depan dapat timbul lagi, saya tau solusinya. Jadi hari ini saya akan mengulas tentang kamera depan yg hilang dan tak dapat dipakai di Android.

Cara Memperbaiki Kamera Depan Yang Hilang

1. Coba Cek Dengan Aplikasi Kamera Pihak ke-3

Yang pertama kali harus anda perbuat yaitu dengan memeriksa dan memastikan bahwa yg error software kamera atau kameranya. Caranya lumayan install software kamera dari pihak ke-3 dari Play Store dan lihat ada tombol untuk berganti ke kamera depan atau tidak.

Jika ada, berarti software kamera bawaan anda sedang error. Jika sedang error, coba tutup saja aplikasinya. Jika tetap tak ada tombol untuk berganti mode kamera, ini menunjukan yg error merupakan kameranya bukan aplikasi.

2. Hapus Data Aplikasi

Jika anda telah cek di beberapa software kamera pihak ketiga dan tetap saja tak ada tombol untuk kamera depan, silakan anda hapus data software kamera bawaan. Tenang, apabila anda menghilangkan data software kamera gambar dan video yg ada tak akan terhapus.

Hanya saja apabila anda mengubah beberapa peraturan, jadi peraturan di software kamera akan kembali semacam semula. Jika telah menghilangkan data software kamera bawaan tetapi tak berhasil, anda dapat mencoba tutorial berikutnya.

3. Reboot Perangkat

Tanpa panjang lebar lagi, telah tak jarang saya katakan bahwa melakukan reboot atau restart dapat membenahi software dan sistem yg sedang error. Jadi anda mengalami persoalan tombol kamera depan tak timbul atau tak ada, tutorial ini yg harus dicoba.

4. Diamkan Saja

Jika perangkat telah di reboot tetapi belum sukses atau tetap saja tak muncul, tutorial berikutnya yg dapat anda coba yaitu lumayan diamkan saja handphone anda tanpa membuka software kamera dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Di beberapa permasalahan pada software default perangkat semacam software kamera bawaan, lumayan di diamkan jadi persoalan akan terselesaikan sendiri. Jika anda telah melakukan tutorial ini, semoga tombol kamera depan timbul lagi.

5. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika anda telah melakukan tutorial pertama hingga ketiga dan telah tak memakai software kamera dalam kemarin hari hingga 1 minggu dan tak ada hasilnya, saran saya perbuat kembali ke pengaturan pabrik saja atau hard reset.

Cara ini dapat anda perbuat apabila telah mencoba beberapa tutorial tetapi tak berhasil. Sebagai contoh alasannya anda tak sengaja update software kamera di Play Store, tetapi sebetulnya software kamera tak butuh di update atau di perbarui, jadi hasilnya kamera sehingga error.

Nah itu dirinya beberapa tutorial yg dapat dilakukan apabila software kamera error dan tak dapat memakai kamera depan. Seharusnya anda tak butuh kembali ke pengaturan pabrik, tetapi apabila terpaksa alasannya memperlukan kamera depan jadi perbuat saja.